Selasa, 09 Agustus 2016

Two Days One Night On July Singapore Trip "Part One"

Hi guys, hari ini saya akan berbagi dengan anda pengalaman perjalanan saya ke negara singa alias Singapura. Singapura sudah terdengar tidak asing lagi ya bagi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Batam. Mengapa bisa demikian, bisa dikatakan jarak tempuh antara Batam dan Singapura yang cukup dekat hanya butuh waktu sekitar 1 Jam untuk mencapai negara tersebut. Perjalanan trip saya lakukan pada 16 July 2016 dan kembali pulang ke Batam pada hari berikutnya yaitu tanggal 17 July 2016. Sebelum berangkat saya melakukan riset melalui pak Google J, dari sana saya membuat itinerary perjalanan saya supaya waktu yang digunakan lebih maksimal berhubung saya hanya menhabiskan waktu 2 hari 1 malam disana saja. Berikut itinerary saya :
Here my itinerary
2nd Day
-          Chinese Garden
-          Vivo City
Dari itinerary yang tampak di atas, dapat dilihat pada hari kedua saya hanya berkunjung ke 2 tempat saja, dikarenakan Chinese Garden ternyata sangatlah besar, dan merupakan kombinasi dari Chinese Garden ala Cina dan Japanese Garden Ala Jepang, saya menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk mengelilingi taman tersebut dan juga dikarenakan kondisi cuaca yang panas, dan sebenarnya hanya sebagian taman yang sanggup saya kelilingi. Ha..ha..ha
Well, kembali ke awal perencanaan saya, ketika saya berencana untuk menghabiskan satu malam di Singapura, yang terlintas di benak saya yaitu akomodasi yang cukup mahal untuk menginap disana. Saya mencoba mencari penginapan yang lokasinya strategis dengan harga yang ramah. Saya coba melakukan pencarian di traveloka. iya,,,,situs yang memberikan layanan pemesanan hotel dan pesawat baik untuk domestik maupun internasional, saya suka melakukan pemesanan di traveloka dikarenakan harga yang bersaing dan yang paling penting tidak ada biaya tersembunyi, jadi harga yang tampil di halaman hasil pencarian merupakan harga final, jadi anda tidak usah takut lagi ada biaya adm, dan sebagainya.
Akhirnya,,,terengg…saya menemukan 85 Beach Garden Hotel dengan tipe kamar standar sekitar 800 ribuan/malam dan ternyata apabila kita melakukan pemesanan melalui aplikasi traveloka yang tersedia di android maupun ios harganya akan lebih murah yaitu berubah jadi 788rb. Berhubung bulan ketika saya melakukan pemesanan merupakan bulan puasa/lebaran saya mendapatkan diskon 15% lagi jadi saya hanya membayar 670rb untuk kamar standar, saya rasa cukup murah untuk lokasi di bugis dan standar hotel dengan harga segitu. .He..he..he..
Hari H telah tiba saya berangkat melalui pelabuhan terminal internasional batam centre , dimana terdapat 2 pelabuhan yang umumnya para penumpang lewat untuk menuju singapura yaitu harbour bay dan batam centre, pilihan jam yang lebih banyak terletak di batam centre jadi saya pilih melalui Batam centre. Tiket sebelumnya saya udah beli di agen biro perjalanan terlebih dahulu dengan harga Rp 280.000 PP Batam-SG all in Majesctic Ferry, akan lebih murah apabila anda beli disitu dibandingkan di pelabuhan langsung. J

Saya berangkat dengan jadwal kapal 06:00 Pagi Majestic Ferry dan tiba di singapura sekitar 07:00 an dan tiba antrian custom immigration sampai dengan semua selesai memakan waktu sekitar 30 menit, berhubung bukan merupakan peak season jadi jam 08:00 WIB saya sudah bisa memulai perjalanan saya. Sebelum berangkat saya mengisi perut saya terlebih dahulu di Harbour Front Centre, makanan di situ termasuk cukup mahal 1 porsi sup ikan sekitar S$ 4.50 , ukuran harga untuk masyarakt Indonesia termasuk cukup mahal ya…Setelah selesai makan saya akan memulai menuju tempat tujuan pertama saya yaitu Chinatown.
Chinatown Street Market

Dari harbour front centre menuju ke Chinatown menggunakan MRT NE line membutuhkan waktu sekitar 6 Menit, termasuk cukup dekat. Di Chinatown street market terdapat banyak toko-toko atau kios di samping dan barang yang dijual juga bervariasi dari makanan sampai dengan segala jenis busana dan assesoris, bagi anda yang suka berbelanja akan butuh waktu yang cukup lama untuk mengelilingi dan berbelanja ria J. Di Chinatown ada beberapa tempat populer yang bersifat historikal yaitu Chinatown Heritage Centre, yang tampak dari foto saya sebelah kiri, Chinatown heritage centre merupakan sejenis museum yang terletak di Chinatown yang menceritakan kehidupan penduduk Chinatown Singapore/imigran dari tiongkok pada tahun 1950-an. Tiket untuk masuk untuk orang dewasa S$ 20/pack.  Berhubung waktu saya tidak mencukupi saya hanya mengelilingi daerah tersebut dan ambil beberapa foto.

Buddha Tooth Relic Temple
Berikutnya Kuil Buddha bergaya Dinasti Tang Tiongkok di Chinatown ini, mendapat namanya dari umat Buddha yang menganggapnya sebagai Buddha Tooth Relic Temple yang Suci. Dibangun pada tahun 2007, Buddha Tooth Relic Temple & Museum adalah bagian baru yang ditambahkan pada distrik Chinatown yang bersejarah. Kuil ini sangat layak dikunjungi, dengan fitur dan barang pamerannya dalam budaya dan seni agama Buddha.
Di kawasan Chinatown tersebut akan tampak didominasi oleh kaum etnis Chinese pada umumnya. Berhubung daerah tersebut merupakan bekas peninggalan penduduk tiongkok yang bermigrasi ke Singapura. Setelah berkeliling di Chinatown saya melanjutkan perjalanan saya ke Bras Basah Complex, berhubung saya ingin mencari beberapa buku berbahasa inggrris jadi saya berkunjung ke Bras Basah Complex, disitu banyak tersedia buku, baik itu bekas maupun baru. Tujuan utama saya ke situ yaitu untuk ke Popular Bookstore, salah satu toko buku yang cukup besar di SG yang menyediakan buku bacaan, novel, dll sebagainya dalam bahasa Mandarin maupun Inggirs. Jika anda adalah satu pengemar buku maka tidak ada salahnya mengunjungi daerah tersebut.
Setelah selesai membeli beberapa buah buku kesukaan saya di Bras Basah Complex, dan saya melihat jam tangan saya menunjukkan pukul 02:00 PM merupakan waktu yang tepat untuk melakukan Check In Hotel. Letak hotel tidak jauh dari MRT dan juga tidak jauh dari bugis street Singapore. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit untuk berjalan kaki dari bugis street ke hotel. Berhubung hari itu masih banyak kamar kosong, hotel memberikan free update dari kamar standar ke superior tanpa men Charge saya biaya tambahan…yippieee…Not Bad J. Di sekitar hotel terdapat ruko-ruko berjualan makanan, jadi anda tidak usah khawatir ketika lapar.
Setelah saya beristirahat cukup di hotel, kemudian saya lanjut ke tujuan saya berikutnya yaitu Merlion Park yang merupakan Landmark dari negara Singapura. Dengan menggunakan MRT lagi dari Bugis ke Raffles Places, kemudian dari MRT Station Raffle Places berjalan menuju Merlion Park.
Merlion Park tampak ramai, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana. Di Merlion Park tampak berhadapan dengan bangunan yang cukup terkenal dan megah dari Singapore yaitu Marina Bay Sands, dan disampingnya tampak Esplanade yang bentuknya seperti durian. Di Merlion Park anda hampir bisa menyaksikan sebagian lebih landmark dari negara tersebut.
Cuaca yang cukup panas tidak menjalani alasan untuk tidak foto di daerah tersebut, terlihat banyak wisatawan yang menggunakan payung, topi, kacamata hitam, supaya bisa tetap selfie, berfoto ria dengan patung singa tersebut.

Merlion Park Tampak Dari Belakang

Bangunan Marina Bay Sands Tampak Dari Merlion Park
Kemudian tujuan terakhir yang akan saya kunjungi dari hari pertama saya di Singapore yaitu Garden By The Bay. Salah satu taman yang cukup besar dan terkenal. Terletak di sebelah Marina Reservoir, Gardens by the Bay menawarkan pemandangan pantai yang luar biasa. Destinasi holtikultura pemenang penghargaan ini, mencakup 101 hektar lahan reklamasi, dan terdiri dari dua area utama - Bay South Garden dan Bay East Garden. Untuk informasi lebih lengkap mengenai taman tersebut anda bisa cari di Wikipedia ,,hehehe
Taman raksasa ini cukup luas, jadi saya hanya mengunjungi OCBC Skyway yaitu mengelilingi jembatan yang menghubungkan beberapa pohon buatan yang terdapat di taman tersebut. Pada hari tersebut merupakan weekend, jadi antrian cukup panjang untuk naik dan mengelilingi OCBC Skyway tersebut. Tiket untuk masuk untuk orang dewasa yaitu S$ 8.00 , jembatan tersebut dibuka sampai jam 20:30 jam setempat.

Garden By The Bay Tampak dari Jembatan OCBC Skyway

Tampak dari Samping Jembatan OCBC Skyway

Tiket Garden By The Bay

Garden By The Bay Menjelang Malam
Oh iya, anda bisa menyaksikan pertunjukkan lampu dan music yang dipancarkan dari pohon dan taman tersebut for free alias tanpa dipungut biaya, hehehe. Pertunjukkannya dimulai setiap hari pada malam jam 07:45 , 08:45 PM waktu setempat.
Well, setelah selesai mengunjungi Garden By The Bay saya mencoba berjalan ke Marina Bay Sands yang letaknya berlawanan arah dari Garden By The Bay, butuh waktu sekitar 15 menit mencapai daerah tersebut dan ternyata pemandangan pada saat malam hari di Marina Bay Sands cukup bagus.

Night View dari Luar Marina Bay Sand Shopping Centre
Pemandangan di atas tampak dari Marina Bay Sands Shopping Centre , daerah tersebut pada malam hari cukup padat, banyak yang berlalu lalang di daerah tersebut, juga banyak yang nongkrong dan menikmati pemandangan malam hari di tempat tersebut. Cukup buat anda yang ingin berlibur dengan menghemat biaya, bisa coba ke sini keliling menikmati keindahan malam hari di negara tersebut.

Night View Helix Bridge
Jembatan yang cukup terkenal di Singapura, karena desainnya yang unik seperti model DNA manusia.  Jembatan tersebut memilki panjang sekitar 280 meter dengan ketinggian mencapai 8,8 meter.  Untuk mendapat pemandangan lebih bagus saya anjurkan anda mengunjungi daerah tersebut ketika malam hari, karena jembatan tersebut dilengkapi dengan lampu dan juga untuk menghindari cuaca yang panas ketika siang hari.

Art Science Museum Singapore
Tampak satu bangunan yang cukup megah yang merupakan Landmark dari Singapura juga yaitu Art Science Singapura. Berhubung saya tidak berminat dengan pameran yang ada disitu jadi cuman mengambil foto dari bangunan tersebut sebagai kenang-kenangan…hehehe
Dari namanya bisa kita tahu kalau museum tersebut merupakan perpaduan antara seni dengan ilmu pengetahuan sains, cukup unik sih bagi anda yang berminat dengan seni dan ilmu pengetahun sains juga.

Nah...Ini Unik, Sepeda yang Dilengkapi dengan Lampu dan Speaker
I Hope I have one this kinda bicycle, hahaha,,,Uncle Singapura ini cukup keren ya, mengendarai sepeda seperti beginian…

Well, akhirnya habis perjalanan untuk hari pertama di SG, ini Part 1 nya, berhubung terlalu panjang , stay tuned untuk update saya yang Part 2 yaitu hari kedua di singapura.