Kamis, 18 Agustus 2016

Bintan One Fine Day Trip In 17 Agustus

Hi Guys…kita semua baru saja merayakan hari kemerdekaan negara Indonesia yang ke – 71, semoga negara kita semakin diberkahi dengan kemajuan dari beberapa sektor baik dari ekonomi, industri, maupun teknologi. Pada hari tersebut umumnya bagi yang bekerja di instansi pemerintah , anak sekolahan, dan yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang lebih besar atau berkembang akan mengikuti kegiatan upacara bendara.  Nah, bagi anda yang tidak mengikuti kegiatan upacara bisa coba tuh melakukan one day trip, seperti saya, cukup ke tempat yang dekat-dekat saja J
Singkat cerita , saya merencanakan trip kali ini bersama dengan 9 orang teman saya, berhubung ada yang mendadak ada urusan, jadi sisa kami ber 6 ksatria cewek saja yang berangkat. Well, masih belum bilang lagi ke mana ya perjalanan trip kali ini, berhubung mau cari trip yang hemat dan dekat dengan Batam kemudian saya terpikir yaitu Bintan. Bintan merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan Kota Tanjung Pinang ibukuta dari Kepulauan Riau. Bintan merupakan sebuah pulau yang cukup besar dan di kelilingi oleh pantai yang cantik. Oleh karena itu, banyak investor yang membangun resort-resort mewah di sekitar pulau Bintan. Jadi janganlah kaget ketika anda melihat banyak wisatawan asing yang berada di sekitar daerah Bintan.
Setelah menetapkan untuk mengunjungi Bintan, maka saya menetapkan beberapa tujuan yang akan saya kunjungi yaitu Bukit Pasir, Vihara Sangharama dan Treasure Bay yang lagi nge hits di media sosial yaitu kolam renang yang terlentang panjang. Sebelum melakukan perjalanan saya Booking supir + mobil yang bisa muat sampai dengan sekitar 9 orang seharga Rp 600.000,- saya rasa harganya cukup pas ya, untuk seharian keliling di Bintan dan jemput di Pelabuhan Tanjung Uban. Terdapat 2 pelabuhan untuk melintas ke pulau Bintan yaitu melalui Pelabuhan yang terletak di kota Tanjung Pinang kemudian dilanjut dengna menggunakan kendaraan melalui rute darat dan Pelabuhan yang di Tanjung Uban. Berhubung saya hanya berkeinginan untuk berkeliling di daerah Bintan saja. Untuk itu, saya pilih melalui Pelabuhan Tanjung Uban karena dari Uban ke Bintan atau daerah Lagoi hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Pinang ke daerah Lagoi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Selisih waktu yang cukup banyak dan saya tidak mau menghabiskan waktu diperjalanan saya.

Saya berangkat dari rumah jam 07:00 pagi dan sebelumnya saya bungkus nasi bungkus terlebih dahulu berhubung kami adalah Seorang Buddhist dan hari tersebut jatuh bertepatan dengan tanggal cina  yaitu 15 jadi kami pada hari itu ber vegetarian. Kami berangkat dengan menggunakan Silver Cab menuju Pelabuhan Punggur yaitu pelabuhan yang diperuntukan untuk arus ke daerah Tanjung Pinang dan juga Pelabuhan Tanjung Uban. Sampai di sana sekitar jam 08:00 dan langsung juga kami membeli tiket speedboat untuk rute ke Pelabuhan Tanjung Uban , Harga Tiket Rp 43.000 per sekali perjalanan. Jarak tempuh menggunakan Speedboat cukup cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa coba menggunakan roro per orang kalau tidak salah Rp 20.000 cuman jarak tempuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.
Speed Boat di Pelabuhan Punggur
Kami tiba di Pelabuhan Tanjung Uban tepat jam 8:30 pagi , setelah bertemu dengan supir carter kami langsung menuju desa busung untuk menuju tempat wisata kami yang pertama yaitu Bukit Pasir Desa Busung Bintan. Tumpukan pasir dari tempat tersebut merupakan bekas tempat tambang. Untuk memasuki ke daerah tersebut anda tidak di pungut biaya tiket apapun. Cuman saya menyarankan anda untuk mengunjungi daerah tersebut di jam pagi ataupun sorean berhubung cuaca yang cukup terik. Sediakan topi, payung dan jangan lupa pakai SunBlok. Letak bukit pasir tersebut bertepatan di pinggiran jalan jadi tidak sulit untuk menemuinya. Jarak tempuh dari Uban sampai dengan Bukit Pasir sekitar 20 Sampai 25 menit.
Bukit Pasir Desa Busung

Bukit Pasir
Setelah selesai berfoto-foto di bukit pasir Bintan, kami melanjutkan perjalanan menuju Vihara Sangharama di Sebong yaitu Vihara yang terdapat patung Guan Sheng Di jun yang tingginnya lebih kurang 15 meter, jika anda pernah mendengar cerita histori negara tiongkok dan pernah dengar “San Guo” maka patung tersebut tidak akan asing terdengar di telinga anda. Dan di depan seberang vihara terdapat patung penyu yang dalam tulisan mandarin tertulis “shen gui” ( Pelafalannya ) yang artinya dewa penyu. Di depan pemandangan dari penyu tersebut terbentang pantai yang cukup memukau. Anda yang suka foto, tidak ada salahnya coba untuk ke sini.
Bentangan Pantai di Depan Patung Penyu
Patung Penyu

Patung Guan Sheng Di Jun Di Vihara Sangharama

Patung Guan Sheng Di Jun di Belakang Vihara
Setelah selesai mengelilingi vihara tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju Treasure Bay. Treasure Bay merupakan salah satu resort yang terletak di Bintan. Kelebihan dari Treasure Bay yaitu memiliki sebuah kolam renang ataupun pantai buatan yang terbesar di Asia Tenggara. As per Update kunjungan terakhir saya tiket untuk  masuk yaitu Rp 100.000,- dan hanya Rp 40.000,- yang bisa digunakan untuk berbelanja di dalam resort ataupun digunakan untuk membayar permainan di resort setempat. Dan apabila tidak digunakan nilai tersebut akan hangus. Apabila anda ingin bermain permainan dan saldo tidak mencukupi anda bisa melakukan Top Up dan nilai kedua kali anda Top Up bisa di re-fund. Anda akan di kasih RFID Band yaitu sebuah jam karet yang dapat di scan dan tampak saldo anda, itulah yang anda gunakan seperti dompet anda. Untuk mendapatkan RFID Band anda diwajibkan menaruh deposit senilai Rp.40.000,- dan akan dikembalikan ketika anda mengembalikan RFID Band tersebut.
Semua permainan anda wajib bayar kecuali berenang, jika anda berkehendak untuk berenang di kolam renang raksasa tersebut saya sarankan anda jangan lupa membawa pakaian beserta handuk ya. Saya menghabiskan waktu cukup lama di Treasure Bay berhubung cuaca yang cukup yang panas jadi saya menunggu hingga sorean untuk mengambil beberapa foto di sini.
Treasure Bay Bintan

Bentangan Kolam Renang Treasure Bay

Setelah selesai dari Treasure Bay sekitar jam 14:30 dan saya rasa masih sempat untuk mengunjungi satu destinasi lagi. Terlintas pantai Lancing Kuning di pikiran saya, sebelumnya pada bulan oktober 2015 saya pernah mengunjungi tempat tersebut sekali dan pantainya lumayan bersih dan luas jadi kami memutuskan untuk mengunjungi sana sekali lagi. Tetapi kali ini agak mengecewakan hasilnya, pantai tersebut jadi kumuh dan kotor, mungkin ulah dari pengunjung yang kurang bekerja sama dengan sampah-sampah yang berserakan.
Lancang Kuning Beach
Jalan Masuk Lancang Kuning Beach

Well, selesai akhirnya perjalanan sehari di Bintan, jam 15:30 kami memutuskan untuk menuju Pelabuhan Tanjung Uban dan balik ke Batam. Tiba di Pelabuhan pas jam 16:00 kami menaiki Speedboat jam 16:00 dan tiba di Punggur 16:20 , dan akhirnya balik kerumah.
Sekian perjalanan satu hari di Bintan pada hari kemerdekaan Negara Indonesia, walau cuman sehari dan melelahkan tapi worth it untuk refreshing diri. Jadi buang jauh prinsip kalau travel mesti ke tempat yang jauh. Cukup tempat yang baru sudah bisa merubah suasana hati anda. See you in the next post ….