Rabu, 15 April 2015

Kebebasan

Hi Semuanya
Hari ini saya kembali mau sharing sesuatu dengan anda semua. Ini seperti yang pernah saya rasakan. Saya kurang tau apakah kalian juga merasakan apa yang saya rasakan. Belakangan ini saya sangat terobsesi dengan sesuatu yang disebut dengan kebebasan. Kata ini, mungkin familiar bagi anda smua, semua orang menginginkan kebebesan, terutama dari kalangan remaja. Kebebasan disini artinya sangat luas, dan yang akan saya bahas adalah kebebasan diri dari pemikiran.

Sejak kecil, saya selalu merasa kurang kebebasan yang saya miliki, saya selalu berpikir ingin seperti seekor burung, bisa sesuka hati terbang kesana kemari, dan saya tidak memikirkan konsekuensinya juga dan juga apakah burung tersebut merasakan seperti apa yang saya lihat dari sudut pandang saya, saya menilai sesuatu hanya karena saya tidak bisa memilikinya dan mengganggapnya baik.

Dari sini sebenernya apa itu kebebasan ???
disini kebebasan menurut setiap orang tidaklah sama, bagi seorang tunanetra kebebasannya adalah ketika mereka bisa melihat, dan mereka terbebas dari kekurangan untuk melihat dunia. Bagi seorang yang cacat akan kakinya kebebasannya yaitu ketika dia bisa berdiri tanpa ada bantuan orang dan dia bisa melakukan aktivitas seperti layaknya orang normal. Dan yang paling menarik adalah anak kecil, bagi mereka kebebasan itu selalu ada, mereka melakukan apa yang membuat mereka bahagia, mereka mengabaikan hal-hal yang menghalangi mereka untuk bahagia, itulah sifat awal dari kita, tetapi hal tersebut semakin menghilang ketika kita menjelang dewasa. 

Well,, hari ini kita akan saling sharing, ciri-ciri dari sebuah kebebasan itu apa ?

1. Be Yousself
Dari kalimat tersebut, kira-kira kita sudah pada tau artinya apa yaitu menjadi diri anda sendiri, kita anda bisa menjadi diri anda sendiri, berarti anda terbebas dari pengaruh orang lain dan kita menjadi diri kita, melakukan hal-hal yang mencerminkan diri kita sendiri dan ciri khas kita sendiri ataupun kebiasaan-kebiasaan yang menandakan kepribadian kita.
2. Tetap pada Prinsip Sendiri
Orang yang keras kepala umumnya selalu tetap pada prinsip sendiri , apapun masukan dari orang , akan dianggap angin lewat, mereka hanya akan merasa mereka yang paling benar dan mengabaikan pendapat orang lain. Dalam hal ini tetap pada prinsip diri sendiri bukanlah artinya keras kepala, tetapi berani membagikan apa yang ada di benak kita, dan membandingkan pendapat kita dengan saran orang lain serta dengan kehidupan nyata , dan apabila anda benar tetaplah pada jalur anda, jangan menjalani hidup hanya mengikuti orang lain karena anda melihat orang tersebut sepertinya bahagia. Setiap orang mempunyai jalan hidup yang bahagia, anda sendiri yang bisa buat anda bahagia, anda sendiri yang menjalani serta menanggung segala keputusan yang anda buat.
3. Mencapai Apa yang Anda Inginkan
Apakah anda punya mimpi ? ataupun anda punya mimpi tetapi tidak berani mengungkapkannya. Kebebasan anda tampak ketika anda berani untuk mengejar impian anda tanpa takut dengan pandangan orang ketika anda melangkah dari zona aman (comfort zone) anda. Coba anda renungkan kembali apa impian anda ketika masih kanak-kanak, dan apakah impian itu kian hari semakin memudar seiring bertambahnya usia. Otak kita telah di program untuk mengejar suatu impian yang realistik. Kita dituntut hidup untuk bekerja bukan bekerja untuk hidup, sehingga apa yang anda jalankan sekarang sebatas tuntutan kehidupan bukan instuisi dari hati anda itu sendiri.
4. Ketika Anda Hidup Pada Masa Kini
Ketika anda membaca poin ini, apa hubungannya dengan kebebasan, tentu ada. Ketika anda memilih untuk hidup di masa kini anda dibebaskan oleh kecemasan yang anda pikirkan akan masa depan dan juga anda dibebaskan juga pengalaman yang tidak menyenangkan di masa lalu. Hidup dimasa kini memberikan kita kebebasan untuk lebih peka terhadap apa yang sedang terjadi dimomen ini.
5. Ketika Anda Memberi Maaf
Membenci seseorang yang telah melakukan sebuah kesalahan kepada anda ibarat anda mengurung anda sendiri di penjara. Mengapa saya mengatakan demikian, setiap kali anda mengingat akan hal tersebut anda akan merasa kesal dan marah sama orang tersebut dan jeals hal ini akan mempengaruh emotional anda. Ketika anda bertemu ataupun dalam perbincangan dengan teman anda, mereka menyinggung nama orang tersebut dan tiba-tiba mengusik mood anda. Belajarlah memberikan maaf, memang memberikan maaf tidak akan merubah apa yang sudah terjadi, tetapi dengan memberikan maaf kehidupan anda ke depan akan lebih mudah ditempuh..Forgiveness does not change the past but it does enlarge the future :)

Sekian beberapa pendapat saya mengenai kebebasan....jika ada penulisan ataupun tata bahasa yang salah harap dimaklumin..terima kasih telah membaca postingan saya, semoga membantu...Have a nice day :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar