Minggu, 02 Agustus 2015

Penyebab Stress


Kembali saya akan memposting di blog saya yang telah lama saya tinggalkan. Saya termasuk pribadi yang cukup sering terjebak dalam kondisi stress yang disebabkan oleh sifat pribadi saya yang suka berpikir (Over Thinking). Dari hal yang sederhana sampai dengan masalah kompliks keluarga, sosial , kerja, dst. Maka dari itu, saya coba menyelidiki beberapa faktor penyebab stress yang saya pribadi pernah mengalaminya. Dibawah saya jabarkan satu persatu

1.    Selalu Menuntut Sesuatu yang Lebih Bagus atau Lebih Banyak

Poin di atas bisa dikatakan juga kurang bersyukur dengan apa yang anda miliki sekarang atau kondisi anda sekarang. Ketika anda memiliki sebuah motor maka anda akan memikirkan untuk memiliki sebuah mobil, setelah anda memiliki mobil kemungkinan besar anda akan berpikir untuk memiliki mobil yang lebih mewah dan bagus, bukankah seharusnya sebaliknya ketika anda memiliki motor yang harus anda pikirkan adalah anda harus bersyukur dibandingkan anda harus berjalan kaki untuk menempuh ke suatu tempat. Begitulah sifat kita yang selalu menuntut.


2.    Terlalu Memikirkan Apa yang Sudah Terjadi

Ini juga sering saya alami. Ketika anda membuat sebuah keputusan dan ternyata hasil dan efek dari keputusan tidak sesuai dengan harapan anda, kemungkinan besar anda akan menyesal dengan frustasi, menyalahkan diri anda sendiri ataupun anda akan mengkambinghitamkan kepada orang lain atas keputusan yang telah anda buat. Sebenarnya apa berguna anda tetap memikirkan apa yang sudah terjadi dan tidak mungkin  bagi anda putar kembali kepada saat itu untuk merubah keputusan yang telah anda buat. Yang perlu anda lakukan belajar untuk menerima dan belajar dari pengalaman itu. Pengalaman itu pelajaran yang cukup berharga. Anda tidak perlu karena keputusan yang kemarin anda salah buat menyesalnya sampai berminggu-minggu, apakah itu worth it!!

3.    Terlalu Mementingkan Apa yang Dipikirkan Orang Lain Terhadap Anda

Nah, ini salah satu hal yang fatal anda lakukan. Ketika anda lebih mementingkan pendapat orang dalam menilai anda dari luar, dan anda sibuk-sibuk mendengarkan apa yang dikatakan orang dan merubah anda sendiri untuk menyenangi orang lain, anda akan hidup dalam kehidupan orang lain. Apakah anda hidup untuk orang lain atau untuk diri anda sendiri?, jadilah anda sendiri, biarlah anda sendiri berbeda tapi anda memiliki cirri khas anda sendiri yang berbeda dengan orang lain. Ketika anda memulai hidup menjadi anda sendiri, anda akan merasakan anda akan jauh lebih berbahagia.

4.    Memikirkan Masa yang Akan Datang

Ketika anda memikirkan masa yang akan datang anda akan mengabaikan masa sekarang. Ketika anda mengabaikan masa sekarang, anda sebenarnya menyia-menyiakan masa yang akan datang, kalimat ini mungkin terkesan membingungkan tetapi begitulah , karena masa yang akan datang merupakan cicilan dari setiap perbuatan yang anda lakukan di masa sekarang. Cukup enjoy saja dan lakukan yang terbaik disaat sekarang, hope the best and prevent for the worst. Sekian sharing dari saya semoga membantu. Jika ada pengejaannya yang salah mohon pengertian dan pencerahannya. Ditunggu postingan berikutnya …Stay awesome!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar