Minggu, 17 November 2013

Menjadi Diri Sendiri

well,,,salam kenal semuanya...Ni Hao ( dalam bahasa mandarin)
This is my first time writing my blog,,,kalau ada kata-kata atau tata bahasa yang kurang tepat mohon di maklumin dan dikoreksi ya ...:D

Saya akan coba menuangkan dan  menguras pendapat saya tentang pentingnya untuk bisa
"Menjadi Diri anda Sendiri"
Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan , terkadang kala kita lupa akan hal tersebut. Kita terbawa dengan ego kita sendiri bahwa kita sendirilah yang paling hebat ataupun paling kuat,kita lupa diri ataupun kita tidak pernah untuk mengulurkan tangan untuk membantu sesama.Sebuah kebaikan mungkin bagi anda cuman hal kecil saja tapi bagi orang lain bisa saja sangat berarti. Disamping itu, salah satu sifat manusia yang buruk adalah ingin menjadi seperti orang lain dan melupakan berbagai hal yang dia miliki dan patut untuk disyukuri. Pernah saya baca di sebuah buku yang berjudul "si cacing dan kotoran kesayangan karangan Ajahn Bram ( yang merupakan seorang bhiksu sekaligus tokoh publik yang cukup terkenal ) mengatakan bahwa salah satu depresi terhebat yang dialami manisia adalah tidak mensyukuri apa yang telah dimilikinya. Well, dari kata tersebut dapat kita dapatkan pengertian bahwa kunci kebahagiaan seseorang sebenarnya hanya terletak pada kemampuan dirinya dalam mensyukuri hal-hal kecil dalam hidupnya yang sering kali kita tidak menyadarinya .

Kita sering merasakan orang lain lebih bahagia ,lebih beruntung bahkan lebih baik dari kita. Kita merendahkan diri kita , seharusnya kita harus rendah hati atau dalam english "be humble "(hehehe) bukan rendah diri yang terkesan mencerminkan kita sebagai pribadi yang "no confidence".
Di posting ini akan saya bahas beberapa alasan yang membuat kita ingin menjadi  seperti orang lain, dengan opini saya sendiri,,,kalo ada tambahan ataupun kritik yang membangun,,,bole comment :D

Hal -hal yang menyebabkan seseorang ingin menjadi orang lain :
1. Tidak Mensyukuri
    Ini adalah poin pertama, mensyukuri merupakan wujud dari kita menerima semua keadaan yang kita alami. Mensyukuri bukan cuman pada hal yang kita anggap bahagia, bahkan kita harus belajar mensyukuri apa yang tidak bahagia,dalam artian kita harus belajar menerima segala sesuatu yang telah terjadi. Accept it, Face it and let it go. Artinya, terimalah apa yang terjadi,semua hal yang terjadi selalu memiliki alasan tertentu. Kemudian hadapilah,jangan simpan ataupun takut menghadapi kenyataan, karena menghindar tidak akan bisa menyelesaikan masalah dan yang terakhir biarlah berlalu, masa lalu biarlah berlalu jangan dibawa-bawa ke masa kini.
     Kita belajar mensyukuri semua hal - hal kecil yang kadang kala tidak kita sadari apa yang kita miliki, seperti kita masih bisa memperoleh air yang bersih untuk kebutuhan sehari-hari, kita masih bisa menyantap makanan satu hari tiga kali, bahkan kita bisa bersyukur masih diberi nafas kehidupan sama yang maha Kuasa. Mensyukuri adalah kunci kebahagiaan karena terkadang kita berharap lebih kita akan melupakan dengan banyak hal yang sudah kita miliki. Kita hanya fokus dengan apa yang tidak kita miliki dan dimiliki oleh orang lain.

2. Hidup karena orang lain
    Banyak orang hidup karena ingin lebih hebat,lebih kaya,lebih mempunyai kuasa dan lain sebagainya dibandingkan dengan orang lain untuk memenuhi gengsinya, tetapi mereka telah lupa ketika mereka berusaha untuk lebih dari orang lain, mereka akan melakukan segala cara dan ketika mereka tercapai sebenarnya bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk menunjukkan ke orang lain,jadi dia tidak akan bahagia dengan apa yang dia capai,karena akan selalu ada orang yang ada diatas lagi, akhirnya hanya membuat dirinya hidup untuk mengejar orang lain,bukan melakukanhal-hal yang ditujukan untuk dirinya sendiri. Jangan pernah melakukan segala sesuatu yang tujuannya hanya untuk menunjukkan kemampuanmu tetapi sebenarnya tidak membawakan manfaat bagi anda sendiri.

3.Terlalu Mempedulikan Pendapat Orang Kepada Anda
    Menganggap pendapat orang sebagai masukan memang baik, tetapi terkadang ada orang yang terlalu kritis dan anda terbawa dengan suasana yang dia bawa kepada anda, maka anda akan merasa kurang dan berusaha melakukan banyak hal supaya dianggap sempurna. Ataupun anda merasa kurang percaya diri karena pendapat orang lain, seharusnya anda hanya perlu bersikap ke orang seperti itu bagaikan penyaring. Pendapat yang menurut anda benar dengan kenyataan maka memang harus anda melakukan perubahan sedikit supaya anda maju, tetapi apabila pendapatnya berlebihan maka biarlah berlalu dan jangan menanggapinya. Jangan menjadikan diri anda seperti orang lain hanya untuk memenuhi pendapat orang lain,
cobalah belajar berpikir rasional,perlukah perubahan dilakukan.

Beberapa poin diatas yang menurut saya merupakan penyebab terkadang seseorang tidak bisa menjadi dirinya sendiri. Well,,kalo ada yang mau tambahkan boleh-boleh saja :)
ataupun ada koreksi juga dengan senang hati saya menerimanya
Intinya jangan merasa tertekan karena anda tidak memiliki sesuatu, tetapi lihatlah sekeliling anda yang anda miliki bahkan cuman hal yang kecil saja. Fokuslah pada hal yang baik, maka hal yang baik juga akan membawakan gelombang suasana yang bagus di pikiran anda. Menjadi orang lain memang kadang bisa dipandang beda, tetapi anda kehilangan jati diri anda sendiri. Ingatlah selalu setiap orang yang diciptakan oleh Tuhan memiliki sesuatu yang unik tanpa terkecuali,tergantung bagaimana anda melihatnya saja.
Kesedihan terbesar bukan anda tidak memiliki materi,jabatan dll melainkan anda selalu melupakan apa yang sudah dimiliki anda.

Anyway, Ladies & Gentlemen ,,,Be urself master.....Even a roses has its thorn....Nobody is perfect,,Thanking can be urself

Salam Hangat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar